Cara Install XAMPP di Windows

Hai gan, Postingan pertama di blog ini dengan Judul Cara Install XAMPP di Windows,
bagi yang ingin belajar Web Programming, Web server salah satunya alat penunjang kita untuk belajar web pemrograman. ada beberapa Web server untuk menjalankan Web Programming seperti,XAMPP, LAMPP, APACHE dan IIS (mungkin ada yang lainnya). Web server ini bisa di install di OS Windows,Linux. Sobat DC bisa Download Aplikasi XAMPP ( Link dari Website resmi  ) DISINI

Ikuti langkah-langkah untuk menginstall XAMPP dibawah ini:
Langkah 1: Non-aktifkan anti-virus karena dapat menyebabkan beberapa komponen XAMPP tidak bisa di Install dengan lancar.

Langkah 2: Untuk pengguna Windows 7, Anda akan melihat jendela pop up, peringatan tentang User Account Control (UAC) yang aktif pada sistem. Klik “OK” untuk melanjutkan instalasi.



Langkah 3: Mulai proses instalasi dengan klik dua kali pada instaler XAMPP. Klik ‘Next’ setelah splash screen.



Langkah 4: Di sini, kita dapat memilih komponen yang ingin kita instal. Pilih pilihan default dan klik ‘Next’.





Langkah 5: Pilih folder sebagai tempat XAMPP akan diinstal, di folder ini akan menampung semua file aplikasi web kita, jadi pastikan untuk memilih drive yang memiliki banyak ruang(space).
biasanya diletakan di Direktori C:/


Langkah 6: Layar berikutnya adalah promo untuk BitNami, sebuah toko aplikasi untuk server perangkat lunak. Hapus kotak centang ‘Learn more about BitNami for XAMPP’.



Langkah 7: Sekarang Setup sudah siap untuk menginstall XAMPP. Klik Next dan tunggu instaler untuk membongkar paket-nya dan memasang komponen yang dipilih. Mungkin memakan waktu beberapa menit. Nanti mungkin kita akan diminta untuk menyetujui akses Firewall untuk komponen tertentu (seperti Apache) selama proses instalasi.

Langkah 8: Proses Install sudah selesai...  Pilih Kotak centang ‘Do you want to start the Control Panel now?’ untuk membuka panel kontrol XAMPP.




 

Cara menggunakan XAMPP Control Panel

XAMPP control panel memberi kita kontrol penuh atas semua komponen XAMPP yang telah di Install. Kita dapat menggunakan Control Panel untuk memulai / menghentikan modul yang berbeda, meluncurkan Unix shell, membuka Windows explorer sampai melihat semua operasi yang sedang berjalan di balik layar.
Berikut ini adalah gambaran singkat dari Control Panel. Untuk saat ini, kita hanya perlu tahu bagaimana untuk memulai dan menghentikan server Apache.

 Tampilan sebelum menjalankan Service Apache dan MySQL



 Tampilan setelah menjalankan Service Apache dan MySQL, dengan Klik tombal start pada Apache dan MySQL






Uji Coba Hasil Instal XAMPP

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menguji instalasi XAMPP kita dengan meluncurkan web server Apache dan membuat file PHP sederhana.


Langkah 1: Buka browser web dan pada address bar ketik: http://localhost atau 127.0.0.1.

Langkah 2: Pilih bahasa Anda dari Windows screen.




Siiip  selesai tutorial pertama Cara Install XAMPP di Windows.
jika ada kesulitan install XAMPP silahkan koment ya.
0 Komentar untuk "Cara Install XAMPP di Windows"

Back To Top